Keran Air Siap Minum Gratis Kini Ada di Stasiun MRT Dukuh Atas

Jakarta, www.kompas.com – ¬†Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan meresmikan water fountain atau keran air siap minum gratis yang baru dipasang di dekat Stasiun MRT Dukuh Atas, Selasa (30/4/2019). Anies mengatakan meski keran air ini sederhana, namun keberadaannya bisa mengubah pola pikir dan gaya hidup. “Ada sebuah pesan fundamental bagaimana kita mulai membiasakan untuk menggunakan barang-barang yang minim sampah, apalagi plastik, dengan cara membawa tumbler misalnya, membawa alat untuk minum dan mengambil air minum yang sudah siap tersedia,” ujar Anies di Dukuh Atas, Selasa (30/4/2019).

Keran air siap minum terletak di depan akses pintu masuk Stasiun MRT Dukuh Atas. Anies berharap di setiap sudut ruang publik seperti trotoar, nantinya tersedia fasilitas ini.

Sementara itu Presiden Direktur PT PAM Lyonnaise Jaya (PALYJA) Robert Rerimassie mengatakan, selain di Stasiun Dukuh Atas, pihaknya juga memasang keran air siap minum di Stasiun MRT Blok M. “Sampai dengan saat ini kami telah menyelesaikan tujuh keran air siap minum,” ujar Robert. Keran itu ada di Masjid Agung Al-Azhar, Museum Nasional, Khadijah Islamic School, SDN 03 dan SDN 04 Penjaringan. Setelah ini, PALYJA juga akan memasang air siap minum di Masjid Istiqlal.

“Kami juga sedang mempersiapkan agar bisa pasang di Monas, di Museum Fatahillah, dan di SDN 05 Penjaringan,” kata Robert.