PALYJA PERINGATI HARI PEDULI SAMPAH NASIONAL (HPSN)

Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) merupakan bentuk peringatan mengenang tragedi longsornya gunungan sampah di TPA Leuwigajah (Cimahi) yang menimpa perkampungan warga Cilimus dan Pojok, pada 21 Februari 2005, yang menelan korban 157 orang dan 2 kampung hilang dari peta karena tergulung longsoran sampah. HPSN yang jatuh di tanggal 21 Februari 2021 ini mengusung tema Sampah Bahan Baku Ekonomi di Masa Pandemi. Peringatan HPSN dilakukan PALYJA dengan menggelar beberapa kegiatan di internal dan eksternal.

Di internal, PALYJA mengadakan Workshop Pengolahan Sampah diberikan bagi semua EHS reps dan Plant Manager dilaksanakan secara online pada 17 Februari 2021 pukul 08.30-12.00 WIB, dengan menghadirkan narasumber dari Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta. Event yang bertujuan untuk mengingatkan bahwa persoalan sampah harus menjadi perhatian utama yang melibatkan seluruh komponen masyarakat dalam pengelolaannya.

Selain workshop, ada juga sesi konsultasi dengan DLH terkait Status Ketaatan LingkunganĀ  (SKL) yaitu status tingkat ketaatan kegiatan usaha dalam melaksanakan pengelolaan lingkungan sesuai dengan peraturan perundang-undangan di bidang lingkungan hidup serta ketentuan yang terdapat di dalam ijin lingkungan. Aspek yang harus dipenuhi dalam SKL ini meliputi: Izin Lingkungan Air Limbah, Limbah B3, Emisi bergerak, Emisi tidak bergerak, Kebisingan, Sampah, dan Kawasan Dilarang Merokok.

 

leave comment